Iklan

Monday, October 25, 2010

Pengertian E-book dan Tips Membuat E-book dengan cepat


E-book adalah singkatan dari Electronic Book atau buku elektronik. E-book tidak lain adalah sebuah bentuk buku yang dapat dibuka secara elektronis melalui komputer. E-book ini berupa file dengan format bermacam-macam, ada yang berupa pdf (portable document format) yang dapat dibuka dengan program Acrobat Reader atau sejenisnya. Ada juga yang dengan bentuk format html, yang dapat dibuka dengan browsing atau internet exsplorer secara offline. Ada juga yang berbentuk format Excel.

Pada kebanyakan e-book menggunakan bentuk format pdf. Karena lebih mudah dalam mempergunakannya dan mudah dalam mengolah celah keamanannya. Untuk membuka file berformat pdf, dalam komputer Anda harus ada program Acrobat Readernya. Bila belum ada, Anda dapat mendownloadnya atau mencari programnya melalui Internet, akan sangat mudah di dapat.

Berikut ini ada 10 tips untuk membuat sebuah ebook dengan cepat tanpa perlu anda menulis.

1. Mintalah informasi yang spesifik dari orang - orang melalui email, dan satukan menjadi 1 buku. Misalnya “Bagaimana anda biasanya membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga ?”. Kemudian anda bisa menyatukannya dan menulis 101 tips mengatur waktu antara keluarga dan pekerjaan.

2. Kirimkan Kuisioner dan wawancara singkat kepada orang - orang. Dan anda bisa mempublish sebuah buku hasil riset anda.

3. Merekam wawancara panjang dengan topik khusus. Misalnya anda mewawancarai seorang politikus mengenai pandangannya tentang PEMILU 2009. Anda bisa menulis sebuah ebook lengkap mengenai hal itu kemudian.

4. Adakan seminar khusus. Akhiri dengan sebuah forum diskusi dan buatlah ebook anda dengan hasil diskusi tersebut.

5. Carilah rekan penulis untuk bekerja sama dan mempublish hasil karyanya.

6. Kumpulkan artikel - artikel dari berbagai sumber dengan izin pemakaian. Dan satukan menjadi buku.

7. Merangkum dari sebuah Video / Audio yang anda beli.

8. Mengumpulkan info khusus yang dapat dikoleksi.

9. Menyusun buku Profil seseorang, anda cukup meminta CV dan riwayat hidup dari seseorang dan anda publish secara online.

10. Dan salah satu ide menulis paling mudah adalah menyusun sesuatu yang telah ada, misalnya 1000 kata - kata mutiara, 1001 ide inspiratif, 365 kata - kata bijak setiap hari dan lain sebagainya.

about me

My photo
jakarta, Indonesia
my name is fauzan andriandi.p my nick name is andri. this is my blog, WELCOME TO MY BLOG, I'll give you tips to

Categories

alexa (1) antivirus (1) aplikasi (16) bisnis (1) blackberry (12) camera (2) computer (20) gambar (2) games (9) handphone (19) hardware (1) internet (8) software (8) tablet pc (6) tips (51) tutorial (10) virus / malware (6)