Iklan

Monday, October 25, 2010

10 Tips Mengatasi Komputer Hang

Saat sedang dikejar deadline suatu tugas atau laporan kita biasanya mempergunakan komputer untuk mempermudah menyelesaikan pekerjaan kita tersebut. Tetapi alangkah jengkelnya apabila ditengah kondisi yang sedang urgent itu, tiba-tiba komputer hang atau macet. Mouse digerakkan tapi kursor tidak mau bergerak bahkan PC tidak mau membuka ataupun menutup aplikasi.
Jangan panik dulu. Berikut ini ada beberapa penyebab komputer hang disertai cara mengatasinya. Silahkan simak tips berikut :
1. SOFTWARE
Penyebab komputer sering hang adalah software yang kita install tidak support system operasi. Untuk itu periksa terlebih dahulu apakah OS PC (Mac, Windows, Linux, dsb) dan cek system requirement untuk hardwarenya.
2. VIRUS
Virus yang menyerang sistem bisa dan selanjutnya menghapus bebarapa file penting dari sistem sehingga menyebabkan sistem tidak bekerja . Untuk itu lengkapi komputer dengan anti virus yang selalu terupdate.
3. RAM
Kondisi RAM (Random Access Memory) yang lembab dan kotor dapat menyebabkan komputer berhenti bekerja tiba-tiba bahkan blue screen atau restart. Hal ini disebabkan pemasangan lebih dari satu memory kadang menjadi pemicu masalah di kemudian hari, apalagi jika dua memori idak benar-benar identik. Cabut dan bersihkan memori dengan hati-hati lalu tancapkan kembali. Cek dan ganti RAM dengan spesifikasi yang sama jika kita memasang 2 keping RAM yang berbeda.

4. Hardware Konflik
Setiap hardware berkomunikasi dengan perangkat lain melalui IRQ (interrupt request channel) dan harus unique (berbeda satu dengan lainnya)? untuk setiap perangkat. Misal,? Printer biasanya menggunakan IRQ 7, Keyboard menggunakan IRQ 1, Floppy menggunakan IRQ6. Setiap perangkat menggunakan IRQ nya masing-masing secara otomatis. Apabila komputer anda memiliki banyak perangkat atau perangkat tidak terinstall dengan baik, maka yang terjadi adalah adanya pembagian IRQ untuk lebih dari 1 perangkat. Dan saat anda mengakses kedua perangkat yang menggunakan IRQ yg sama tersebut maka akan ada kemungkinan Windows akan Crash. Inilah yang menyebabkan komputer menjadi hang atau macet. Cek dengan cara :
1. Klik “Start”
2. Setting
3. Control Panel
4. System
5. Device Manager
Kemudian perhatikan apakah ada tanda “!” berwarna kuning dalam segitiga. Jika ada, install ulang driver harware tersebut dan pastikan driver terinstall dengan benar.
5. BIOS
Setiap Motherboard memiliki settingan Chipset sesuai dengan pabrik buatan masing-masing. Sehingga anda harus berhati-hati memasuki BIOS jika hendak menyetting konfigurasi karena apabila konfigurasi anda salah maka akan menyebabkan ketidakstabilan pada pc dan crash. Selain itu BIOS Motherboard yang telah kadaluarsa terhadap hardware terbaru juga bisa menyebabkan system komputer tidak bisa support. Kunjungi website pembuat BIOS motherboard dan dapatkan updatenya.
6. Power Supply
Apabila daya listrik kurang memadai akan mengakibatkan tidak berfungsinya komputer secara maksimal. Coba cek daya listrik Anda, dan gunakan penstabil daya seperti UPS.
7. HARD DISK
Usia harddisk juga ikut mempengaruhi. Harddisk dengan usia yang cukup lama umumnya dapat menyebabkan komputer macet atau hang sehingga proses booting dan loading windows memakan waktu lebih lama dari biasanya. Hal itu karena harddisk (dengan kondisi di atas) tidak dapat dideteksi oleh komputer.
Selain itu file-file yang tidak beraturan susunannya di dalam hardisk juga dapat mengakibatkan loading berat. Jadi perlu untuk melakukan defrag dan disk clean up terhadap hardisk secara berkala, misal sebulan sekali.
8. PRINTER
Saat printer menerima perintah untuk melakukan print sebuah dokumen, maka printer akan menyimpannya ke dalam memorinya. Apabila kapasitas memori printer lebih kecil dibandingkan dokumen, maka komputer dapat hang. Solusinya cabut kabel data printer dan matikan printer, kemudian lakukan reset pada tombol printer.
9. Fatal OE Exception
Jika PC Anda mengalami screen freeze / hang maka kemungkinan ada hardware conflict pada VGA anda. VGA merupakan salah satu hardware yang sering sekali menjadi penyebab masalah pada pc anda. Solusinya adalah lakukan instalasi Drive yang benar pada VGA atau mengubah setting Appearence, jika perlu kita mengganti VGA cardnya.
10.Panas
Kondisi komputer yang panas menyebabkan beberapa harware tidak dapat berfungsi dengan baik. Cek casing komputer Anda dan perhatikan kipas prosesor anda. Bila kipas berjalan lambat proses pendinginan tidak maksimal dan menyebabkan overheating, akibatnya komputer menjadi lambat bahkan hang. Matikan komputer atau tambahkan kipas tambahan untuk mengurangi panas PC.

about me

My photo
jakarta, Indonesia
my name is fauzan andriandi.p my nick name is andri. this is my blog, WELCOME TO MY BLOG, I'll give you tips to

Categories

alexa (1) antivirus (1) aplikasi (16) bisnis (1) blackberry (12) camera (2) computer (20) gambar (2) games (9) handphone (19) hardware (1) internet (8) software (8) tablet pc (6) tips (51) tutorial (10) virus / malware (6)