Iklan

Monday, September 20, 2010

Kumpulan Tips Untuk Keamanan Internet / Komputer Online






  1. Selalu menginstal software antivirus yang baik dan tetap up-to-date dengan definisi virus yang baru. Dan juga install anti-spyware yang baik untuk menjaga komputeranda dari spywares.  
  2. Selalu kunjungi website yang terpercaya. Jika anda akan mengunjungi situs web tidak dikenal, pastikan bahwa anda tidak mengklik pada link yang mengandung virus atau malware. Dan hati hati dengan url atau link yang diperpendek. Dan gunakan situs yang dapat mendeteksi virus atau malware dari sebuah situs web yang anda curigai. 
  3. Lakukan scan virus pada file lampiran email / yang di-download sebelum dibuka dan disimpan di komputer anda. 
  4. Update secara teratur sistem operasi dan web browser. Untuk keamanan yang lebih baik dianjurkan agar anda browsing di internet melalui versi terbaru dari sebuah browser, dan gunakan browser yang memiliki keamanan yang sudah teruji danbrowser paling populer
  5. Jangan berikan kata sandi/password anda (email, login bank dll) dengan alasan apapun. Gunakan password yang kuat (Gunakan campuran alfanumerik dengan simbol khusus +) dan lakukan perubahan secara teratur, misalnya. setiap 3 bulan. Hindari penggunaan password yang mudah ditebak. (contoh: nama hewan peliharaan , tanggal lahir, atau sebuah nama). 
  6. Selalu ketik URL dari website di address bar browser anda untuk masuk ke halaman login. Contoh: untuk login ke account Gmail anda ketikkan http://mail.google.com. 
  7. Sebelum anda memasukkan password pada halaman login, pastikan bahwa anda melihat https bukan http. contoh: https://mail.google.com. 
    Bukan http://mail.google.com. protokol HTTPS menerapkan SSL (Secure Socket Layer) dan menyediakan keamanan yang lebih baik dari HTTP normal. 
  8. Waspadai email phishing. Jangan menanggapi email yang meminta anda untuk memperbarui rincian login anda dengan mengklik link dalam tubuh email. link tersebut dapat menyebabkan Fake Login Pages (Halaman palsu). 
  9. Selalu tekan tombol logout untuk menutup sesi login anda jangan menutup dan mengakhiri sesi login anda dari jendela browser. Dan hapus browser cache anda untuk menghapus file-file sementara yang tersimpan dalam memori dan hard disk PC. 
  10. Jangan menggunakan komputer umum atau komputer di Warung Internet (Warnet)untuk mengakses informasi / sensitif / rahasia anda. Hindari penggunan internet di komputer tersebut untuk login ke email / rekening bank anda. 

    Anda mungkin tidak tahu jika saja software yang bebahaya bagi keamanan rahasia anda telah terinstall di komputer tersebut seperti spyware, keystroke-logger, password-sniffer dan program berbahaya lainnya. Baca juga cara mengatasi key logger atau cara menggunakan Neo’s Safekeys

about me

My photo
jakarta, Indonesia
my name is fauzan andriandi.p my nick name is andri. this is my blog, WELCOME TO MY BLOG, I'll give you tips to

Categories

alexa (1) antivirus (1) aplikasi (16) bisnis (1) blackberry (12) camera (2) computer (20) gambar (2) games (9) handphone (19) hardware (1) internet (8) software (8) tablet pc (6) tips (51) tutorial (10) virus / malware (6)