Iklan

Tuesday, September 21, 2010

Setting Email Ponsel Qwerty Lokal

Setting Email dan Facebook untuk Ponsel Qwerty Lokal
Yang paling penting dan perlu di ingat adalah pensel kita harus memiliki koneksi, GPRS dan POP3 (mengambil e-mail tidak harus membuka webmail).
Syarat yang paling utama adalah kita harus memiliki akun email terlebih dahulu. Layanan email yang dapat memudahkan kita yang meiliki layanan POP3 yaitu Webmail yang telah disediahkan oleh yahoo Indonesia(www.mail.yahoo.co.id), bisa juga Google Mail yang biasa dikenal dengan Gmail (www.gmail.com).
Jika kita telah memiliki alamat email, saatnya kita melakukan setting ke dalam ponsel kita.
Langkah 1 : Setting Pop3 Dalam Ponsel
Email tersebut biasanya masuk ke dalam bagian menu Messages :
Pilihlah dan klik sub menu Email pada menu Messages, lalu pilih sub menu Account email, kemudian pilih New Account., selanjutnya Alamat email Address harus terisi dengan lengkap misal : email_anda@yahoo.co.id , pilihlah POP3 >> Next >> pilih, isilah pembuatan account baru dan password pun harus di isi: email@yahoo.com , selanjutnya setting outgoing server: smpt.mail.yahoo.co.id, Incoming server: pop.mail,yahoo.co.id, jika sudah selesai kita bisa masuk ke advance setting, check interval pilih off jika kita ingin cek email secara manual, atu bisa secara otomatis pilih saja selain off yang menandakan waktu dimana email akan dicek secara otomatis setiap interval waktu tertentu, Download size: 102400, Retrieve amount: 50, Outgoing port: 25, authentication: on, Incoming port: 110, download all, copy on server on, delete server email on.
Langkah 2 : Setting akun E-Mail dalam Ponsel
Setting Gmail.com
Misalkan E-Mail Anda user@gmail.com dan password: 0000, maka settingannya seperti berikut.
Mailbox name : Gmail
Akses poin : Pilih sesuai sengan operator yang kita gunakan (misal: Telkomsel)
Alamat email user@gmail.com
Username user@gmail.com
Password : 00000
Outgoing email server smtp.gmail.com
Incoming mail server : pop.gmail.com
Mail Box Type : POP3
Incoming Port : 995
Outgoing Port : 465
SSL : ON
Authentication : On
Setting yahoo.co.id
Misalnya email kita adalah user@yahoo.co.id dan Password: 000000 maka setting-nya adalah sebagai berikut:
Mailbox name : Yahoo
Akses point : Pilih sesuai dengan operator kita gunakan (misal: Telkomsel)
User name :User
Password : 000000
Outgoing mail server : smtp.mail.yahoo.co.id
Incoming mail server : pop.mail.yahoo.co.id
Mailbox : POP3
Incoming port : 995
Outgoing port : 465
SSL : On
Authentication : On
SETTING EMAIL PERUSAHAAN
Misalnya Email kita adalah user@mediantara.com dan Password : 121212 maka setting-nya sebagai berikut:
Mailbox name : Mediantara
Akses poin : Pilih sesuai dengan operator kita gunakan (misal: Telkomsel)
Username User@mediantara.com
Alamat email User@mediantara.com
Password : 121212
Outgoing email server : mail.wahjoepoetra atau sesuai petunjuk dari Web Admin perusahaan kita.
Incoming mail server : mail.wahjoepoetra atau sesuai petunjuk dari Web Admin perusahaan kita
Mail Box Type : POP3
Incoming Port : 110
Outgoing Port :25
SSL :OFF
Authentication :On
Langka 3: Setting E-mail Pribadi Kita Di Internet
Apabila kita menggunakan layanan POP3 atau IMAP, tidak cukup melakukan dalam ponsel, tetapi webmail kita harus di-set agar mendukung layanan ini. Cara ini di perlukan untuk email yang akan masuk ke webmail kita. Maka layanan email tersebut akan memberitahukan secara langsung pada ponsel kita.
Ada bebarapa cara setting email yang bisa di gunakan :
Bukalah alamat Http://mail.yahoo.co.id dan masuklah dengan menggunakan user name dan password kita, selajutnya klik “Opsi” yang terletak di bawah tombol bantu kanan, dilanjutkan dengan menekan “akses dan penerusan POP”, centang pilih “akses dan Pop”,
Dalam pilihan “Ketika men-downloand pesan baru” kita dapat memilih pilihan “Saya tidak ingin menerima pesan yang dianggap spam oleh SpamGuard” jadi alamat e-mail yang tidak anda masukan dalam address atau safe list. Akan disaring dan masuk ke bulkman atau tempat pembuangan.
Sedangkan pilihan “Menerima semua surat termasuk spam” itu akan memasukkan semua ke dalam inbox dan bisa di ambil secara langsung lewat ponsel., kliklah “simpan” dan aktifkan layanan POP3 Gmail, Lalu buka halamanhttp://www.gmail.com dan masuklah dengan menggunakan username password kita, pilih “acuan atas” atau settingdi kanan atas, kemudian ke Tab Forwarding and POP, dalam bagian POP download pilih salah satu dari 2 pilihan yaitu Aktifkan POP untuk semua surat (Enable POP only for all mail) atau Aktifkan POP hanya untuk surat yang kita mulai dari sekarang (Enable POP only for mail that arrives from now on), Kliklah save Changes untuk menyimpan settingan aktifasi POP3 kita.
Setting Internet Untuk Ponsel QWERTY Facebook Kita
Kita selalu kebingungan untuk melakukan setting OTA. Hanya sedikit vendor local yang mempunyai kemampuan setting setting GPRS OTA melalui operator GSM.
Adapun cara-cara memberikan setting untuk beberapa operator sehingga pengguna QWERTY Fecebook dapat memaksimalkan kegunaan facebook.
Tahap Pertama: Pemerikasaan Setting GPRS
Sebenarnya beberapa QWERTY facebook memeliki kemiripan cara setting WAP untuk setting WAP lakukan cara di bawah ini:
· Lakukan setting ke menu SERVICE
· Pilih sub menu WAP
· Pilih setting (pengaturan)
· Tentukan pilihan SIM mana yang di gunakan Online. Pilih Chose SIM maka akan muncul pilihan:
Ø Always Ask (selalu tanya)
Ø WIFI (apabila ada fasilitas ini)
Ø SIM 1
Ø SIM2
Pilih SIM mana yang kita pilih. Jika ingin kita lakukan secara bergantian pilih Always Ask
· Jika setting pilihan pilihan SIM yang digunakan sudah ditentukan tiba saatnya kita membuat atau yang kita pilih profil untuk masing-masing SIM.
· Kita akan masuk ke sub menu Profile, Kita harus memilih mana yang harus diatur profilenya. Misalkan kita mengatur SIM 1, maka akan muncul berbagai operator yang ada di tanah air.
· Apabila SIM-1 kita menggunakan kartu SIMPATI, pilih langsung profile SIMPATI GPRS dan dalam pengaturan MMS (dalam menu sms) pilih profil SIMPATI MMS. Bisa juga dengan kartu lain.
· Jika operator tidak menyediakan dalamnya, maka kita harus melakukan setting manual dengan terpaksa. Kita dapat membuat di sub menu data account pada menu Service.
Tahap Kedua: Setting Manual Profile GPRS
Karena ini setting manual maka kita harus memasukkan parameter, nama alamat port, user name dan password dengan secara manual sesuaii ketentuan dari operator kita.
Tahap Ketiga: Setting Java
Kita harus memilih Active profile untuk menentukan bahwa SIM1 kita saat ini yang aktif adalah profil dari operator yang kita gunakan.
Sesudah melakukan setting profile dari profile WAP kita maka kita dapat mencoba untuk mengakses WAP kita atau mengakses beberapa menu yang biasanya di sediakan oleh vendor.
Progam JAVA yang lancer dan lebih nyaman yaitu Opera Mini atau UcWeb yang dapat menginstal dengan sendirinya.
Jika koneksi Internet dan GPRS sudah di lakukan setting, maka yang harus di lakukan selanjutnya adalah melakukan setting pada aplikasi JAVA yang akan kita pergunakan untuk browsing.
Hal ini agar aplikasi JAVA yang lainya dapat bekerja lebih lancar antara lain: Opera Mini, eBuddy, snaptu, Nimbuzz dll.
Cara Settingnya:
· Cara menu JAVA kita, sebagian vendor membuat menunya sendiri sebagian masuk vendor membuat menunya sendiri masuk pada mena HIBURAN DAN PERMAINAN.
· Jika ada JAVA setting maka akan masuk ke sub menu tersebut, pilih SIM yang akan digunakan sama seperti memeilih SIM GPRS. Pilihanya ada Always Ask, WLAN, SIM1 atau SIM2.
· Tentukan profile JAVA kita SIM1, pilih sesuai operator kita.
· Tentukan profil JAVA SIM2 kita, pilih sesuai dengan operator kita. Pilih OK dan Yes.
Kini aplikasi JAVA yang membutuhkan akses internet dapat kita gunakan seperti Opera Mini, eBuddy, Yamme, Snaptu dll.

about me

My photo
jakarta, Indonesia
my name is fauzan andriandi.p my nick name is andri. this is my blog, WELCOME TO MY BLOG, I'll give you tips to

Categories

alexa (1) antivirus (1) aplikasi (16) bisnis (1) blackberry (12) camera (2) computer (20) gambar (2) games (9) handphone (19) hardware (1) internet (8) software (8) tablet pc (6) tips (51) tutorial (10) virus / malware (6)