Iklan

Friday, February 4, 2011

Tips Memperbaiki Komputer yang Mati Total

1. Cek lampu indikator CPU dan monitor. Jika lampu indikator CPU hidup dan lampu monitor mati artinya monitornya yang bermasalah sebaliknya jika lampu indikator CPU mati dan lampu monitor hidup itu artinya CPU tidak ada arus listrik, cek power supply dan kipas proccessor dan pastikan pemasangannya telah sesuai dan kencang, serta arus listriknya ada dan cukup.

2. Jika kedua lampu indikator hidup tetapi blank screen, cek suara buzzer dari CPU. CPU mempunyai speaker kecil yang berbunyi setiap kali komputer dinyalakan. Pada keadaan hidup, buzzer itu akan mengeluarkan bunyi “tut“ pendek sekali atau 2 kali. Tetapi jika masalah terjadi, ada kode bunyi standar yang bisa memberitahu sumber masalah yang ada, contohnya seperti berikut:
  • Jika bunyi buzzer "tuuuuuuuuut“ panjang tanpa henti artinya masalah ada pada seputar RAM (kendor, mati atau slot konslet)
  • Jika bunyi buzzer? “tuuuut-tuuuut-tuuuut“ (tut panjang 3X) artinya masalah ada pada seputar VGA
  • Jika CPU tidak mengeluarkan bunyi sama sekali kemungkinan motherboardnya yang bermasalah
3. Cek BIOS, Jika pernah mati lampu ketika komputer sedang digunakan kemungkinan sistem di BIOS mengalami masalah, silahkan update System BIOS.

4. File sistem operasi yang mengalami kerusakan atau korup bisa juga jadi penyebabnya. Hal ini terjadi saat meng-upgrade sistem operasi tidak selesai dengan sempurna. Selain itu bisa juga terjadi ketika sistem operasi tidak pernah diatur ulang atau di defrag.

Setelah mengetahui penyebab mengapa komputer Anda mati, Anda dapat mengambil langkah yang tepat dan lebih cepat untuk memperbaikinya.

about me

My photo
jakarta, Indonesia
my name is fauzan andriandi.p my nick name is andri. this is my blog, WELCOME TO MY BLOG, I'll give you tips to

Categories

alexa (1) antivirus (1) aplikasi (16) bisnis (1) blackberry (12) camera (2) computer (20) gambar (2) games (9) handphone (19) hardware (1) internet (8) software (8) tablet pc (6) tips (51) tutorial (10) virus / malware (6)